Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Minta Evaluasi Sistem PPDB

Home24 Dilihat

SAMARINDA – Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Akhmed Reza Pahlevi, meminta evaluasi terhadap Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Meskipun PPDB memiliki pro dan kontra di kalangan masyarakat, Reza merasa bahwa evaluasi berkala diperlukan untuk memperbaiki sistem serta memastikan tingkat transparansi yang optimal bagi calon siswa yang mendaftar.

Menurutnya, awal dari proses evaluasi PPDB dapat dimulai dengan pengumpulan laporan yang mencakup berbagai kekurangan yang masih ada dalam sistem ini. Juga perbaikan panduan teknis atau juknis yang berlaku dalam sistem PPDB.

“Kami masih menunggu laporan yang lebih rinci tentang PPDB saat ini. Namun, insya Allah, kami akan berupaya untuk memperbaiki sistem ini jika ditemukan kelemahan yang signifikan,” ujar Reza.

Meskipun sedang dalam tahap evaluasi, ia tetap membuka pintu untuk berpikir tentang alternatif sistem. Jika keputusan diambil untuk menghapus sistem PPDB yang ada, dia berharap sistem yang baru akan lebih baik lagi dalam memastikan penerimaan siswa yang adil dan berbasis prestasi.

Menurutnya, pengembalian ke sistem peringkat atau penggunaan nilai sebagai dasar seleksi peserta didik baru adalah langkah yang lebih transparan dan adil dalam menentukan calon siswa yang diterima di berbagai sekolah.

“Saya pribadi setuju jika sistem seleksi kembali ke yang lebih konvensional, seperti menggunakan peringkat berdasarkan nilai,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *