Gelar Sosbang, Selamat Tekankan Pentingnya Pemahaman Wawasan Kebangsaan

Politik72 Dilihat

KNews.id, Kukar – Kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) yang dilakukan Selamat selaku Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) terus berlanjut. Kegiatan kali ini dilaksanakan di Dusun Argosari Rt 007, Desa Giri Agung, kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, pada (18/5/24).

Dalam sambutannya, Selamat mengatakan bahwa pemahaman wawasan kebangsaan bukan hanya dapat diberikan kepada siswa/mahasiswa, dan segelintir orang saja. Melainkan juga pada masyarakat umum lainnya.

Kegiatan Sosbang ini memberikan pemahaman terkait empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita semua mau semua kalangan tidak lupa akan empat pilar kebangsaan”, ujar Selamat.

 

Dilanjut Ikhsanur Fajri selaku pemateri mengatakan wawasan kebangsaan merupakan modal utama bagi bangsa Indonesia dalam melaksanakan, mengisi, dan mempertahankan kemerdekaan.

“Jadi fungsi kenapa kita harus paham wawasan kebangsaan untuk menumbuhkan rasa hormat kepada lembaga negara, menumbuhkan ketaatan kepada aturan perundang-undangan, dan yang terakhir memiliki kesadaran dalam menjaga kerukunan dan persatuan bangsa Indonesia,” kata Ikhsanur.

Ahmad Ali Fahrudi, selaku pemateri kedua juga berharap bisa memberi pemahaman kepada seluruh masyarakat yang saat ini selalu menggunakan ponsel sebagai pedoman dalam mencari sumber dan informasi digitalisasi.

“Semoga apa yang sudah kita sosialisasikan ini bisa meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Pancasila hingga UUD 45. Karena masyarakat inilah ujung tombak negara kita,” ungkapnya.

Dengan materi yang sudah diberikan, ia berharap dapat dicerna dengan baik oleh masyarakat yang ikut dalam kegiatan. Sebab, diakuinya kegiatan seperti ini sangatlah bagus dan dapat memberikan ilmu baru untuk masyarakat. (Fat/ADV/DPRD Kaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *