Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Minta Dinkes Kaltim Percepat Proses Akreditasi Fasilitas Kesehatan

Advertorial, Home11 Dilihat

SAMARINDA – Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim), Puji Setyowati, mengajukan permintaan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim untuk mendukung percepatan proses akreditasi seluruh rumah sakit dan Puskesmas di wilayah tersebut.

Puji menegaskan bahwa akreditasi diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Ia menjelaskan bahwa akreditasi adalah salah satu syarat penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Selain dilengkapi dengan peralatan canggih, rumah sakit juga memerlukan sumber daya manusia yang mumpuni. Komisi IV DPRD Kaltim berkomitmen untuk mengawasi dan mendukung proses akreditasi, terutama pada fasilitas pelayanan dasar seperti Puskesmas.

“Puskesmas adalah fasilitas kesehatan yang terdekat dengan masyarakat, sehingga akreditasi itu penting dalam peningkatan pelayanannya. Jadi, tidak terjadi penumpukan di rumah sakit,” jelas Puji, Rabu (01/11/2023).

Selain itu, Puji menyadari bahwa sebaran sumber daya manusia di bidang kesehatan di Kaltim masih belum merata. Terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), terdapat kekurangan dokter spesialis.

“Kami minta dokter-dokter spesialis ini juga mau di rumah pelayanan-pelayanan dasar yang ada di wilayah 3T. Kalau pemerintah menyiapkan fasilitas dan insentif yang memadai, saya pikir itu akan memotivasi mereka,” ungkapnya.

Ia menyoroti juga masalah BPJS Kesehatan dan berencana untuk melakukan evaluasi. Ia mencatat bahwa selama pandemi COVID-19, banyak keluhan masyarakat terkait pelayanan BPJS Kesehatan.

“Jangan sampai ada orang mengeluh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” pungkasnya.

Komisi IV DPRD Kaltim akan berfokus pada masalah ini setelah bulan Januari mendatang dan berkoordinasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *